Tips Cepat Menggemukan Sapi

Disini Budidaya Aneka akan membahas tentang Tips dan cara menggemukan sapi dengan cepat  dan tepat ,berikut adalah langkah langkahnya.

Yang Pertama  Pemilihan Jenis Sapi Yang Akan Digemukkan
Sapi yang paling baik untuk digemukkan adalah jenis Limosin dan Simetal ,(hhe bukan sapi yang suka musik metal loh) .karena kedua jenis sapi tersebut kenaikan berat badannya sangat cepat  bisa mencapai 11 kilogram per minggu. Bisa juga sapi jawa atau bali tapi pertumbuhanya tidak terlalu cepat seperti kedua jenis sapi diatas .

Yang kedua adalah umur sapi
Pilihlah sapi yang berumur 2-2.5 tahun . Hal ini dikarenakan pada usia tersebut tulang-tulang sapi sudah terbentuk secara sempurna sehingga proses penggemukan dapat dilakukan secara efektif dan tepat.Pasti anda bertanya  Bagaimana mengetahui usia sapi tersebut ? kalau dilihat secara fisik pedagang-pedagang di pasar biasanya dapat mengetahui dari gigi sapi tersebut. Untuk usia 2 tahun biasanya gigi seroi sapi sudah berganti besar 2-4 buah (poel 2-4). Apabila lebih dari itu biasanya usia sapi sudah lebih dari 3 tahun.
Dalam pemilihan sapi selain usia, hal lain yang lebih penting adalah masalah fisik sapi tersebut. Fisik sapi yang baik meliputi panjang tubuhnya, tampilan depan dan belakang dan yang paling penting tidak meler.

Waktu yang dibutuhkan untuk menggemukan
 waktu pemeliharaan sapi   tergantung dari tujuan kita , apakah akan memelihara untuk jangka pendek 3 sampai 4 bulan ataukah  untuk jangka waktu yang lama 6 sampai 12 bulan. Jangka waktu pemeliharaan ini nantinya akan terkait dengan umur sapi yang dipelihara. Untuk pemeliharaan jangka pendek, sebaiknya kita memilih jenis sapi limosin atau simetal usia 2-2.5 tahun yang biasanya untuk jenis tersebut dengan pemeliharaan yang intensif dan baik akan  mampu naik minimal 100 kg.
Apabila kita  memilih pemeliharaan jangka panjang maka sebaiknya memilih bibit yang agak lebih muda . Hal ini semata-mata pertimbangan harga bibit sapi yang lebih murah daripada yang yang dewasa.


Jenis Pakan Yang Diberikan
Pakan merupakan hal pokok yang harus diperhatikan karena merupakan unsure utama proses pertumbuhan sapi . Disini saya menggunakan pakan fermentasi jerami , fermentasi pelepah pisang dll ,proses pembuatanya bisa di lihat disini Cara membuat pakan fermentasi, yang saya berikan 2 Kali dalam sehari dan juga diselingi makanan hijau seperti rumput gajah dan makanan hijau lainya . Jangan lupa memberikan minum sapi dengan dedak atau polar sebagai perangsang pertumbuhan lainya.

Demikianlah artikel yang bisa saya buat semoga bermanfaat 

0 Response to "Tips Cepat Menggemukan Sapi"

Post a Comment