Langkah Membuat Pakan Fermentasi Ternak

Pada artikel sebelumnya budidaya aneka membahas tentang budidaya kambing kacang  atau kambing lokal nah pada kali ini kita akan membahas sesuatu yang berkaitan dengan kambing tersebut yaitu cara  membuat pakan fermentasi dari jerami untuk hewan ternak kita .pakan jerami  fermentasi ditujukan untuk membantu peternak yang kesulitan mendapatkan pakan hijauan di saat musim kemarau. Selain itu, petani diajak untuk memanfaatkan limbah jerami yang melimpah saat musim panen padi tiba. Yang terpenting peternak tidak mengalokasikan waktunya lagi untuk mencari rumput, dan bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk bekerja lainnya.
Langkah pertama untuk membuat pakan fermentasi jerami adalah

Persiapkan bahan bahanya :

A.Persiapkan terpal atau plastic lebar untuk mencampur campuran bahan fermentasi
B. Persiapkan jerami kering atau bisa diganti dengan pohon pisang (pelepah pisang juga bisa).
C. Dedak (bekathul) bisa juga diganti dengan polar
D. Tong besar , tapi karena saya tidak mempunyai tong yang besar saya menggunkan kantong plastic 
     untuk sampah yang berwarna hitam mirip polybek itu.
E. Pisau atau parang untuk mencacah jerami tadi
F. Air secukupnya dan ember
G. Soc (bisa didapatkan ditoko pertaninan terdekat )
D. Ampas tahu , atau bisa pakai kedelai yang diblender
Kantong plastik


Setelah  bahan bahan diatas sudah ada langkah pertama pembuatan adalah

A.Potong  jerami menjadi potongan kecil kecil setelah itu campur jerami yang sudah dicacah tadi dengan dedak atau polar  perbandinganya 10:2 dan ampas  tahu atau biji kedelai yang sudah diblender  . Setelah itu campuran itu aduk aduk bahan bahan itu tadi agar tercampur.

B.Setelah itu  siapkan air setengah liter dan campurakan air tadi dengan 2 tutup botol soc aduk hingga tercampur .

C. Setelah itu campurakan jerami dan bahan bahan lain tadi dengan air yang sudah diberi larutan    SOC tadi . Setelah itu masukan  campuran bahan bahan tadi ke dalam tong atau plastik untuk sampah  tutup rapat agar tidak ada udara masuk .Tunggu 4 hari agar pakan fermentasi bisa diberikan ke  ternak . biasanya pada awal awal ternak akan sedikit sekali memakan pakan fermentasi tadi atau  bahkan tidak mau , tipsnya adalah dengan memberi porsi sedikit demi sedikit  tiap hari porsinya  ditambah . Pakan ternak fermentasi dapat tahan hingga 2 minggu lebih .demikianlah artikel yang bisa  dapat saya tulis semoga bermanfaat .







0 Response to "Langkah Membuat Pakan Fermentasi Ternak"

Post a Comment